Powered By Blogger

Travelling Bersama Bayi

Liburan panjang t'lah tiba... Sabtu, Minggu, Senin & Selasa wahhh seneng sekali ya buat Anda yg lagi berlibur ke luar kota bersama family. Ne barusan saya manemukan artikel Tips-tips buat Anda yg lg travelling bersama si kecil, simak yaaa ;-)


Bepergian bersama bayi yang masih sangat mungil sebenarnya tidak serepot yang Anda bayangkan. Dengan planning dan persiapan yang matang, kemanapun Anda mengajak si kecil pergi; apakah ke luar kota atau berkeliling di mall, tak akan jadi masalah.
Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dengan baik…

►  Membawa bayi keluar rumah
Kereta bayi adalah salah satu cara ternyaman membawa bayi berjalan-jalan ke mall atau ke taman, misalnya. Bagi bayi yang baru berusia beberapa minggu, Anda harus memastikan bahwa stroller yang Anda miliki mempunyai penyangga tubuh dan kepala yang aman. Umbrella stroller atau stroller jenis payung (saat dilipat berbentuk seperti payung) meski ringkas dan ringan untuk dibawa dalam perjalanan namun tidak dapat menopang tubuh bayi yang baru lahir, kecuali jika bayi Anda sudah berusia beberapa bulan.

►  Bepergian dengan mobil
Hal apa yang paling utama saat membawa bayi bepergian dengan mobil? Car seat. Jangan anggap remeh kegunaan car seat atau kursi bayi. Kursi bayi adalah pengaman yang paling baik dan bahkan bisa menyelamatkan nyawa si kecil. Karenanya, pastikan Anda mengancingkan sabuk pengaman kursi bayi dengan benar di tubuhnya. Yang perlu Anda ingat, bayi yang masih kecil sebaiknya didudukkan di kursi tengah dan bukan di kursi depan.

►  Musim apa sekarang?
Jika saat ini sedang musim hujan, tentu Anda harus mempersiapkan jenis pakaian yang hangat dan topi untuk melindungi kepalanya dari angin. Bagaimana saat musim panas? Gunakan losion tabir matahari khusus untuk bayi, topi serta baju dari bahan katun yang sejuk.
Lalu, apa saja perlengkapan bayi yang harus dibawa? Saat bayi Anda masih sangat kecil dan Anda membawa satu koper besar berisi segala perlengkapan bayi hanya untuk mengajaknya ke supermarket tentu akan sangat merepotkan dan membuat malas mengajaknya keluar rumah. Kami punya daftar barang-barang yang penting dibawa saat mengajak bayi bepergian.
  • Susu bayi dan makanan bayi dalam porsi yang cukup. 
  • Persediaan botol susu dan peralatan makan (jika bayi Anda sudah mulai makan makanan semi padat).
  • Alat sterilisasi botol susu dan peralatan makan (jika diperlukan).
  • Bibs atau alas makan agar makanan si kecil tidak terlalu mengotori bajunya.
  • High chair atau kursi makan. Percayalah, akan lebih mudah menyuapinya menggunakan kursi makan daripada menggendongnya kesana kemari.
  • Diaper atau popok, dan tisu basah. Sebaiknya Anda membawa dalam jumlah lebih karena kedua benda ini sangat dibutuhkan.
  • Kantung plastik: untuk membungkus diaper bekas dan sampah lainnya.
  • Beberapa pasang baju bayi dan juga baju untuk Anda sendiri seandainya si kecil muntah atau mengotori baju Anda.
  • Selimut bayi.
  • Empeng (jika dibutuhkan).
  • Air hangat dalam termos.
Saat semuanya sudah dipersiapkan dengan baik, maka Anda dan si kecil sudah siap berangkat. Saat ia lapar dalam perjalanan jauh, jangan panik. Memberi ASI adalah pilihan yang paling tepat karena Anda tidak perlu mempersiapkan apapun dan ASI bisa diberikan dimana saja. Tapi jika Anda merasa risih menyusuinya di tempat umum seperti di pesawat misalnya, Anda bisa memeras ASI dan menyimpannya dalam kotak pendingin selama 24 jam.
Jika si kecil minum susu formula, beberapa pilihan berikut bisa membantu :
  • Buat susu sesuai takaran yang biasa dalam botol susu dan simpan dengan baik. Saat si kecil lapar, Anda hanya perlu memanaskannya.
  • Anda bisa membeli susu formula bayi dalam kemasan karton kecil yang siap diminum sehingga tidak perlu repot menakar dan memanaskan susu. Namun perhatikan kebijakan di beberapa negara. Ada negara yang tidak memperbolehkan Anda membawa makanan atau minuman kemasan karton, tapi mereka mengijinkan membawa susu formula dalam kaleng yang masih di segel.
  • Siapkan susu formula bubuk sesuai takaran dalam botol susu dan simpan. Saat si kecil ingin minum susu, Anda hanya perlu menambahkan air hangat. Ada baiknya Anda membawa sendiri termos air hangat sehingga tidak kerepotan mencarinya saat dibutuhkan.
Ingat, mensterilkan botol susu si kecil adalah hal yang penting. Membawa alat sterilisasi botol susu yang menggunakan listrik bisa Anda pertimbangkan. Tapi jika Anda sepertinya akan mengalami kesulitan mencari stopkontak untuk memanaskan alat sterilisasi  tersebut, Anda bisa mencoba menggunakan Cold Steril System yang tidak memerlukan listrik. Cukup dengan merendam semua peralatan makan dan minuman ke dalam larutan khusus selama 30 menit, semua peralatan si kecil telah siap dipakai.
Saat si kecil sudah berusia di atas 6 bulan, ia tentu akan mulai makan makanan semi padat, cara termudah mempersiapkannya adalah dengan membeli makanan kardus yang hanya perlu diseduh dengan air/ susu hangat, atau makanan bayi dalam botol kaca mungil yang siap disantap. Namun jika Anda ingin memberinya makanan buatan sendiri, Anda bisa menyimpannya dalam kotak pendingin dan saat dibutuhkan, hanya perlu direndam di air panas atau microwave (biasanya tersedia di pesawat).  Coba persiapkan makanan yang cepat saji namun tetap fresh seperti pisang atau alpukat yang bisa langsung dilumatkan dengan sendok makan dan diberikan pada si kecil.

IMPORTANT NOTE

-  Jika bayi Anda belum pernah minum susu dari botol, ada baiknya beberapa hari sebelum bepergian, Anda sudah melatihnya minum susu botol.
-  Jangan berikan bayi camilan, biskut atau finger food di dalam mobil kecuali jika ada orang dewasa yang duduk persis di sebelahnya. Ia bisa tersedak.
-  Jika Anda sedang menyeberang jalan dengan membawa si kecil di dalam stroller, jangan dorong kereta tersebut di depan karena bisa menghalangi jarak pandang. Tarik kereta di belakang dan menyeberanglah dengan aman. Hanya karena Anda membawa kereta bayi, jangan harap orang akan memperlambat laju mobil mereka dan menunggu Anda menyeberang. Karena itu, berhati-hatilah.


Sumber : http://www.parentsindonesia.com

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.

 
Copyright © Smart Biz for Mom's. Design By Best Website Design
Buy Traffic and Templates On Sales